Senengnya kalau ada topan badai


Iyah sekolah dan kantor libur. Jalanan sepi, semua orang disuruh ngendon di rumah dengan harap2 cemas. Pulau kecil ini diterpa badai untuk yang 12 kalinya tahun ini. Namanya Wipha (artinya 'perempuan' dalam bahasa Thai). He he he kenapa ya "mother nature" selalu diasosiasikan dengan perempuan? Powerful gituh...

Anyway, sejak kemaren pagi-malam diterpa hujan terus menerus. Angin disini memang sekencang di daerah pantai. Masih untung cuma kena sedikit bodi yang dibilang berkekuatan 2 (topan badai dikatagori dari 1-5 -supertyphoon). Agak meleset dari matanya (the eye) karena ini yang paling berbahaya. Mirip2 tornado tapi kalau topan badai diameternya bisa mencapai 200km.


Kenapa sih pulau kecil ini sering banget kena topan badai? faktor geographis memegang peranan penting. Lah sampingnya adalah samudera pasifik maha luas yang karena perbedaan temperatur dan tekanan bisa jadi TD (tropical depression -tanda awal topan badai). Juga menjelaskan kenapa Philiphina dan Jepang juga menghadapi masalah yang sama.

Hari ini Wipha akan menggempur Shanghai (China mainland). Ratusan ribu orang sudah diungsikan. Katanya inilah supertyphon terbesar dalam rentang 10tahun terakhir. Let's see..

Catatan : warna di gambar menunjukkan kecepatan pusingan dalam mph.
Website :
Typhoon2000
Solar Research Hawaii

Comments