Updates penelusuran Clara Sumarwati October09


(klik gambar untuk lebih jelas)

Dari daftar pendaki Indonesia di Himalaya, terlihat ekspedisi Everest Musim Gugur 1996 oleh Clara Sumarwati dan Gibang Basuki TERCATAT dalam Himalayan Databases oleh Miss Hawley. Ini sebagai koreksi tulisan saya sebelumnya yang tidak menemukan ekspedisi Clara baik di Himalayan Databases ataupun Himalayan Index (Alpine Club UK). Ia dinyatakan positif lewat laporan seasonal Miss Hawley yang rely ke American Alpine Journal (AAJ) terbitan 1997. Untuk cross-check, saya gunakan 8000ers.com (thanks untuk mbak Rina), yang datanya adalah kombinasi dari Miss Hawley dan jurnalis/ahli statistik lain. Ekspedisi Everest'96 Clara Sumarwati dinyatakan positif oleh editornya.

Masalah apakah Clara sampai puncak atau tidak, saya baru meminta konfirmasi pada pendaki2 negara lain yang dinyatakan Clara bertemu di rute Utara pada bulan September 1996 dari keterangannya di Majalah Gatra. Diantaranya adalah Alex Harris dan seorang pendaki USA (saya masih mencari kontaknya).

Pencarian para Sherpa yang bersama dengan Clara juga tengah saya usahakan, dan semoga ada kabarnya. Ini karena dua dari mereka cukup kontroversial dan dikenal di Kathmandu. Terimakasih pada mas Prasumadi yang memberi tahu dua orang Sherpa Clara, yakni Sherpa Ang Gyalzen dan Sherpa Chuwang Nima terlibat dalam tim Ekspedisi Showa Alpine Club Jepang 1988. Yang menarik adalah seperti temuan Mas Prasumadi, Sherpa Gyalzen (berbeda dengan Sherpa Ang Gyalsen) adalah juga anggota sherpa pada tim Ekspedisi Musim Semi Everest Malaysia Everest'97 (balapan dengan tim Indonesia'97) yang mengantarkan dua orang warga negara Malaysia mencapai puncak tanggal 23 Mei 1997, sebulan setelah tim Indonesia'97.

Thanks atas peran pembaca blog/milis yang berkenan memberikan sharing pencarian. Bantuan apapun sangat saya hargai.

Comments